Berencana Liburan ke Labuan Bajo, Baca Dulu Panduan Ini!

Keindahan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Dari ujung timur ke ujung barat, semuanya merata. Tak hanya wisatawan domestik saja yang terkagum, wisatawan mancanegara juga. Salah satu wilayah Indonesia yang tawarkan keindahan alam luar biasa adalah Labuan Bajo. Bila Anda tertarik liburan ke Labuan Bajo, baca panduannya dulu, ya!

Cara Pergi ke Labuan Bajo

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana caranya ke Labuan Bajo. Terletak di ujung barat Pulau Flores membuatnya memang agak susah untuk disambangi. Namun, bukan berarti tak bisa, ya! Anda bisa ke sini dengan menggunakan pesawat melalui penerbangan dari Denpasar, Bali ke Bandara Komodo di Labuan Bajo.

Penerbangan hanya berlangsung dua kali dalam satu hari. Selain dari Bali, Anda juga bisa terbang dari Kupang yang hanya ada tiga kali dalam satu minggu. Kalau mau pergi menggunakan kapal laut, Anda juga bisa menggunakannya. Anda bisa menaiki speed boat dari Sape ke Labuan Bajo yang ada seminggu tiga kali.

Biaya yang harus Anda keluarkan sekitar Rp130.000,- per orangnya. Kalau mau yang lebih murah, Anda bisa naik feri dari Sape dengan biaya Rp56.000,- per orang. Kalau datang berombongan, Anda bisa menyewa kapal dari perusahaan pengatur perjalanan selama 4 hari tiga malam di Lombok dan Flores dengan biaya Rp1.700.000,-.

Transportasi Umum di Labuan Bajo

Di Labuan Bajo, Anda tetap bisa menemukan transportasi umum untuk meringankan pengeluaran. Bemo adalah angkutan umum tradisional yang bisa Anda temukan di sini. Selain itu, ada juga taksi motor yang hanya beroperasi hingga jam 21.00 WITA. Anda bisa menyewanya untuk berkeliling ke setiap penjuru Flores terutama Labuan Bajo.

Tempat Wisata di Labuan Bajo

Liburan ke Labuan Bajo tentunya Anda ingin mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada. Ada cukup banyak tempat wisata yang bisa Anda temukan di sini. Salah satunya adalah Pulau Kelor. Ini merupakan pulau kecil yang memiliki bentuk mirip kerucut. Biasanya, wisatawan datang ke sini untuk tracking.

Pulau ini tak cukup tinggi namun cukup terjal dan licin. Butuh usaha keras untuk mencapai puncak di tengah-tengah Pulau Kelor. Namun, setelah sampai ke atasnya, Anda bisa mendapatkan pemandangan luar biasa. Pulau ini menghadap langsung ke Pulau Menjaga yang penampakannya mirip tumpukan segitiga.

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Pulau Rinca. Ini adalah pulau terbesar kedua di kawasan Taman Nasional Komodo dan di sini Anda bisa menemukan spesies reptil raksasa, komodo. Selain bertemu komodo, Anda juga bisa menemukan banyak hewan liar lain di sini. Berkunjunglah juga ke Pulau Kanawa yang memiliki resor yang sangat eksotis.

Resornya terbuat dari kayu dan langsung menghadap laut yang biru. Selain itu, pulau ini juga dikelilingi dengan gugusan kepulauan yang indah. Terdapat jutaan terumbu karang dan ikan beragam jenis di sini.

Oleh sebab itu, Kanawa disebut sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Taman Nasional Komodo. Tak lengkap rasanya bila Anda tak mengunjungi Pulau Bidadari. Seperti namanya, pulau ini memiliki kecantikan yang luar biasa terutama untuk dasar lautnya. Tak heran bahwa ia menjadi spot snorkeling terbaik yang mana pemandangannya tak kalah dari Kanawa.

Liburan ke Labuan Bajo jadi sangat menyenangkan dengan persiapan yang matang. Anda bisa menyiapkan semua hal sebelum berangkat liburan mulai dari transportasi, tempat menginap dan objek wisata yang akan dikunjungi. Jadi, tak usah bingung lagi tatkala sudah ada di sana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *