5 Makanan Khas Jakarta dan Tempat di Mana Bisa Menemukannya

Suku Betawi adalah penduduk asli yang bermukim dan mendiami wilayah Jakarta sejak lama. Suku ini memiliki banyak sekali makanan khas yang juga dikenal sebagai makanan khas Jakarta. Meski tidak semudah dulu dalam menemukannya, setidaknya Anda bisa menemukan beragam makanan khas ibukota berikut ini, lo!

1. Soto Betawi

Salah satu menu unggulan khas Jakarta yang masih bisa Anda temukan kini adalah Soto Betawi. Kuliner legendaris ini adalah salah satu yang paling diburu wisatawan. Ia merupakan jenis kuliner berkuah santan yang gurih dan biasa disajikan dengan campuran tauge, bihun maupun kubis.

Selain menggunakan daging ayam, kadangkala  di dalamnya juga ditambahkan jeroan seperti hati, paru hingga torpedo. Di mana Anda bisa menemukan soto betawi ini? Cobalah datang ke kedai milik Lie Boen Po yang ada di wilayah THR Lokasari/Prinsen. Soto betawi miliknya memiliki citarasa yang khas dan sudah ada sejak tahun 1977 lalu.

2. Kerak Telor

Selain itu, Anda juga bisa coba mencicipi kerak telor. Kerak telor ini merupakan makanan khas ibukota yang paling terkenal. Bahan utama pembuatan kerak telor ini adalah nasi yang dicampur dengan telur dan aneka bumbu lainnya. Telur yang digunakan ada dua jenis. Telur ayam dan telur bebek.

Cara memasaknya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasaknya dengan cara dipanggang di atas kuali yang dibawahnya ada tunggu arang. Kalau dirasa matang, tinggal balik saja. Setelah itu, nantinya akan ditaburi dengan bawang goreng. Meski sudah jarak, kerak telor banyak dijumpai di acara Pekan Raya Jakarta.

3. Ketoprak

Ketoprak juga merupakan makanan khas Jakarta yang masih bisa Anda temukan sampai saat ini. Ketoprak ini dibuat dari ketupat atau lontong dan diberi bihun, tauge dan tahu lalu disiram dengan sambal kacang. Setelah itu, ketoprak akan ditaburi dengan kerupuk merah dan rasanya oke. Saat ini, Anda masih bisa menemukannya di setiap sudut kota Jakarta.

4. Bir Pletok

Meski bukan jenis makanan, namun bir pletok merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang wajib Anda coba. Bir pletok sendiri adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, pandan wangi dan serai. Tak hanya itu saja, bir pletok ini juga menggunakan tambahan kayu secang untuk buat warnanya lebih menarik.

Walaupun namanya bir, namun bir ini sama sekali tak mengandung alkohol. Ia malah dipercaya baik untuk kesehatan karena bisa memperlancar edaran darah. Ada banyak tempat Anda bisa menemukannya di Jakarta. Salah satunya adalah di KSM Oleh-Oleh Betawi yang ada di Jl. Gajah Mada Nomor 19, Petojo, Gambir, Jakarta Pusat dan di Setu Babakan.

5. Dodol Betawi

Anda juga bisa mencicipi dodol Betawi bila kebetulan ada di sini. Dodol Betawi adalah jenis dodol dengan warna hitam kecoklatan dengan variasi rasa yang sedikit berbeda dari tempat lain. Dodol Betawi biasanya memiliki rasa ketan putih, ketan hitam dan durian. Salah satu tempat di mana bisa menemukannya adalah di Setu Babakan yang jual makanan khas Betawi.

Meski sudah jarang terlihat, namun Anda masih bisa menemukan banyak makanan khas Jakarta di sudut-sudut kotanya. Bukan hanya makanan di atas saja, Anda juga bisa menemukan rujak bebek, nasi ulam, es selendang mayang, gulali, arum manis, dan masih banyak lagi di sekitaran Jakarta terutama di tempat yang menjual oleh-oleh khas Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *