Tips Investasi Berlian untuk Pemula agar Untungnya Meroket

Selain emas dan surat berharga, investasi berlian sangat potensial menambah pendapatan Anda. Tips investasi berlian dapat membantu Anda menghasilkan keputusan terbaik dalam berinvestasi logam mulia ini. Sebagai logam mulia, berlian sangat istimewa karena nilainya cenderung tetap tinggi. Lalu, bagaimana cara agar bisa berinvestasi berlian dengan bijak dan cerdas?

Menentukan Anggaran Investasi

Sebelum berinvestasi apapun, Anda harus mempelajari prinsip dasar investasi dan istilah apa saja yang ada di dalamnya. Setelah itu, pelajari investasi secara khusus sesuai pilihan Anda. Jika ingin berinvestasi berlian, tentu hal tersebut sangat menarik. Meskipun tidak mudah, potensi investasi berlian sangat menggiurkan. Anda harus menyiapkan anggaran investasi yang cukup besar.

Mengenai penentuan anggaran investasi berlian, Anda tetap harus menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Tentukan range dana yang dianggarkan untuk diinvestasikan dalam bentuk berlian. Bagaimanapun juga, Anda harus melihat kisaran harga berlian yang sesuai dengan kemampuan finansial. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko investasi. Kebutuhan lain tidak terganggu.

Memastikan Karakter Berlian Terbaik

Sebagai investor pemula dalam hal berlian, Anda tak perlu bingung untuk memilih berlian terbaik. Pelajari saja karakternya untuk mengetahui berlian berkualitas yang tentunya bisa disesuaikan kembali dengan dana investasi yang tersedia. Berlian yang berkualitas pasti mempunyai nilai jual tinggi dan minim risiko. Untuk mendapatkannya, perhatikan karakteristik lewat komponen 4C.

Apa sajakah yang termasuk 4C? Warna (color), potongan (cut), karat (carat), dan kejernihan (clarity) adalah komponen yang dapat menentukan kualitas berlian. Setiap cabang karakteristik ini mempunyai skala. Gemological Institute of America (GIA) sudah mengkategorikan warna berlian dari warna putih sampai kuning. Karakter terbaiknya adalah berwarna putih.

Mengenai potongannya, GIA membuat skala dari rendah ke tinggi, yaitu fair, good, very good, ideal, hingga signature ideal. Untuk skala karat, dimulai dari 0,2 gram atau 200 miligram. Semakin besar karatnya, maka semakin baik karena tinggi nilainya. Mengenai kejernihannya, terdapat 5 skala kejernihan yang diajukan acuan. Tentu saja berlian paling jernih adalah yang terbaik.

Memilih Berlian Utuh

Setelah mengetahui bagaimana menilai karakteristik berlian terbaik, terdapat tips investasi berlian terkait bentuk berlian. Sesuai saran, lebih baik memilih berlian utuh yang nilainya lebih tinggi dibandingkan berlian potongan yang disematkan pada perhiasan. Mounting atau frame perhiasan tidak akan berpengaruh pada nilai investasi karena murni memperhitungkan berliannya.

Meskipun demikian, tetap saja Anda harus menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Jika memang dananya hanya cukup untuk membeli berlian potongan, maka pilihlah potongan dengan kualitas paling baik sesuai kemampuan. Usahakan memilih yang lebih jernih dan besar nilai karatnya.

Mencari Berlian yang Langka dan Digemari

Tips penting berikutnya adalah memilih berlian yang langka dan banyak digemari. Pasalnya, semakin langka suatu benda, semakin tinggi pula nilainya. Teori tersebut berlaku juga untuk berlian. Anda harus memilih berlian langka dan dicari banyak orang.

Sesuai teori ekonomi, banyak peminat akan meningkatkan harga karena banyaknya permintaan. Dengan cara tersebut, tentu saja peluang Anda semakin besar karena lebih diminati masyarakat. Anda mampu meminimalisir pesaing dan memperbanyak kesempatan pastinya.

Memastikan Sertifikasi Berlian

Sertifikat berlian juga harus menjadi pertimbangan. Sertifikat berlian ini sangat penting sebagai dokumen resmi mengenai keabsahan berlian sekaligus memuat data penting dari berlian tersebut. Harga investasi juga semakin tinggi apabila terdapat sertifikat resmi yang membuktikan keabsahan berlian.

Melakukan Diversifikasi Investasi

Diversifikasi berlian juga harus dilakukan demi meminimalisir risiko investasi. Dana investasi berlian yang tinggi sangat disayangkan jika hanya ditaruh dalam satu instrumen investasi saja. Anda bisa berinvestasi di beberapa pihak yang tentunya mempunyai potensi keuntungan dan kerugian yang berbeda. Selain mempelajari prinsip dasar investasi, Anda harus mampu memahami objek investasi dalam hal ini adalah berlian. Banyak tips investasi berlian yang harus diperhatikan mengenai pemilihan berlian berkualitas sampai trik berinvestasi menguntungkan. Melalui berbagai pertimbangan ini, Anda bisa dapat keuntungan dan meminimalisir risiko saat memutuskan berinvestasi berlian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *